Selasa, 09 Juni 2015

Consistency and Standards - www.helmku.com

Haii blogger...
  Pada tulisan kali ini masih mengenai IMK (Interaksi Manusia dan Komputer),  yaitu tentang 10 Usability Heuristics for user interface Design.
 Nah disini gw akan membahas masalah-masalah dan memberikan solusinya dari situs www.helmku.com

Permasalahan 1: 
  Permasalahan pertama dalam situs ini mengenai Consistency and Standards adalah konsistensi dalam pemilihan bahasa, pada saat user akan memesan barang terdapat 3 tahapan yang harus dilewati yaitu yang pertama adalah Nama dan Alamat, yang kedua adalah Invoice dan yang ketiga adalah Kirim Form Order. Dari 3 tahap tersebut website tidak konsisten dalam pemilihan bahasa, pada tahap pertama website menggunakan bahasa Indonesia, pada tahap yang kedua website menggunakan bahasa Inggris dan untuk tahap yang ketiga website menggabungkan bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Hehehe bisa ketawa sendiri nih kalau baca yang beginian wkwkwkwkkwk. 

Solusi: Untuk solusi pada permasalahn ini adalah sehendaknya website harus konsisten dalam penggunaan bahasa, jika ingin menggunakan bahasa Indonesia hendaknya menggunakan bahasa indonesia saja untuk semuanya dan jika ingin menggunakan bahasa Inggris hendaknya menggunakan bahsa inggris untuk semuanya. Ibaratnya sebuah hubungan, kita harus konsisten dengan apa yang kita sepakati dari awalnya hihihiii. 



Permasalahan 2:
  Pada permasalahan kedua dalam Consistency and Standards adalah pada bagian keterangan kita sedang berada produk yang mana. Contohnya disini user akan bingung saat mengklik bagian NHK Full Face, website ini sedang berada dimanakah??  A.NHK Full Face   B.Terminator   C.GP 1000  D.Tidak Tau 
  Hehehe, pasti jawabannya D.Tidak tau. Wkwkwkkwk
Gimana kita gak bingung nge klik cuman satu, tapi yang di hitamkan ada 3 sekaligus.

Solusi: Pada permasalahan ini sehendaknya website memberikan kejelasan bahwa halaman tersebut sedang berada di poduk yang mana. Jika user mengklik bagian NHK Full Face, hendaknya bagian yang dihitamkan cukup NHK Full Face saja. 



Severy Rating: 3 = Major usability problem: important to fix, so should be given high priority 

1 komentar:

Tedi Sopyan mengatakan...

wahhh, setuju agan, ane jg gak ngerti kalo pake bahasa inggris, apalagi campur bahasa, emangnya es campur,,,

kita bakal nyasar tuch di link yang mana yg sedang kita kunjungi, diharap gak begitu banyak pengunjung yg gak nyasar....

lanjut gann...