Selasa, 09 Juni 2015

Help and Documentation - www.helmku.com

Haii blogger...
  Pada tulisan kali ini masih mengenai IMK (Interaksi Manusia dan Komputer),  yaitu tentang 10 Usability Heuristics for user interface Design.
 Nah disini gw akan membahas masalah-masalah dan memberikan solusinya dari situs www.helmku.com


Permasalahan 1: 
  Permasalahan pertama pada Help and Documentation pada situs ini adalah saat user melakukan kesalahan, website ini tidak memeberikan bantuan atau penjelasan kepada user bahwa user melakukan kesalahan pada bagian yang mana. Disini mungkin kolom data yang di inputkan masih sedikit, jika terdapat banyak data yang harus di inputkan oleh user dan pada saat itu user melakukan kesalahan maka user akan bingung pada field mana ia melakaukan kesalahan karena website tidak memberikan bantuan atau keterangan jika terjadi kesalahan.

Solusi: Pada permalahan ini website memberikan bantuan kepada user berupa memberikan garis merah pada kolom yang salah atau memeberikan tanda seru pada kolom yang salah, serta berikan penjelasan apa yang seharusnya dilakukan oleh user selanjutnya. 


Permasalahan 2:
  Pada permasalah yang kedua dalam situs ini mengenai Help and Documentation adalah pada menu "Cara order". Disini kita tau pada menu ini website akan memeberikan penjelasan tentang tahapan-tahapan atau petunjuk untuk memesan barang. Kesalahan yang dilakukan website ini adalah menuliskan "Mohon kesabarannya, kami akan memebalas secepat mungkin". Nahh jika anda membaca bagian tersebut apa yang ada dalam pikiran anda??? Wahhhh ini kayaknya responnya lamnih atau Ribet juga nih kalau terjadi kesalahan atau semacamnya, ya kan?? hehee

Solusi: Pada permasalahan ini website sehendaknya memberikan penjelasan yang jelas dan penjelsan yang meyakinkan user agar tidak ragu dalam order barang, dan disertakan dengan gambar screnshoot per tahapnya sehingga mempermudah user dalam memesan barang. 




Severy Rating: 4 = Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Iya memang itu aneh sekali kata katanya