Selasa, 09 Juni 2015

Error Prevention - www.helmku.com

Haii blogger...
  Pada tulisan kali ini masih mengenai IMK (Interaksi Manusia dan Komputer),  yaitu tentang 10 Usability Heuristics for user interface Design.
 Nah disini gw akan membahas masalah-masalah dan memberikan solusinya dari situs www.helmku.com

Permasalahan 1:
  Pada permasalahan pertama dalam Error Prevention dalam situs ini adalah pada bagian pemesanan barang, yaitu pada saat user menginputkan nomor telfon dan kode pos alamat. Sebagaimana kita tau, kalau nomor telfon dan kode pos alamat itu adalah berupa angka, nahh pada website ini jika user menginputkan huruf ada kolom nomor telfon dan kode pos alamat, tidak ada error yang terdeteksi dan user dapat menginputkan nomor telfon dan kode pos alamat sebanyaknya mungkin tanpa adanya batasan. 

Solusi: Pada permasalahan ini sehendaknya website memberikan warning berupa Error saat user menginputkan nomor telfon dan kode pos alamat berupa campuran huruf dan angka dan memberikan batasan inputan pada kolom tersebut. 


Permasalahan 2:
   Pada permasalahan yang kedua dalam Error Prevention dalam situs ini masih dalam bagian pemesanan barang. Pada bagian ini kenapa masih bisa memesan barang yang sudah sold out?? Anehnya lagi dapat melewati tahap pertama dan kedua, nahh pada tahap yang ketiga ini juga masih bisa menginputkan data, tetapi saat mengklik tombol akhir yaitu tombol kirim sudah tidak bisa lanjut ke tahap finish. Yang bikin user galau lagi adalah tombol bisa di klik tapi tidak bisa finish. Ini website apa hati cewek sih?? Membingungkan dan gak jelas banget hehehe.



Solusi: Untuk solusi pada permasalahan ini adalah hendaknya pada bagian barang yang sudah sold out, tidak bisa diklik lagi atau untuk tombol "Beli Sekarang" pada barang sold out tidak berfungsi atau mati. 




Severy Rating: 4 = Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released

6 komentar:

Unknown mengatakan...

Si Ateng main robot, mainnya di pejagan
Postingan lu berbobot, keep posting ya gan! :D

Widyah Handayani mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

analisisnya berisi layaknya pamela safitri
semoga post post seperti ini bisa menjadi evaluasi bagi developer di indonesia

Salam Super

Agung Sundoro mengatakan...

Buah duren, dibikin kolak
bikin artikel keren kaga ngajak2..

Widyah Handayani mengatakan...

mungkin besok2 jangan pesan atas nama cinta gan, pasti rumit :')

Anonim mengatakan...

Untuk website jenis online shop seperti helmku.com ini memang form pemesanan dan ketersediaan barang itu paling penting. Kalo form pemesanannya aja udah banyak yg error, apalagi misalnya banyak user yg iseng masukkin no telp pake huruf pasti pemesanannya ga akan diproses dan cume menuh2in database aja hehehe.Harus banyak diperbaiki lah websitenya. Btw, nice posting gan :)